KESEHATAN MENTAL DALAM PSIKOLOGI AGAMA
Dalam ajaran agama yang
diwahyukan oleh Allah telah terlebih dahulu membahas tentang hakikat jiwa,
penyakit jiwa dan kesehatan jiwa yang telah disampaikan oleh para Rasul Allah.
Ilmu kesehatan mental merupakan ilmu kesehatan jiwa yang membahas kehidupan
rohani yang sehat, dengan memandang pribadi manusia suatu totalitas psikofisik
yang kompleks.
Sebelumnya pengertian
mental itu, hanya diperuntukan kepada mereka yang mengalami gangguan jiwa saja.
Padahal kesehatan mental tersebut diperlukan bagi setiap orang yang
menginginkan ketentraman dan kebahagiaan.
Mental mempunyai
pengertian yang sama dengan jiwa, nyawa, sukma, roh dan semangat. Prof.Dr. Hj
Zakiyah Darajat, mengartikan "kesehatan mental adalah terhindarnya orang
dari gejala-gejala pcnyakit jiwa. Dengan demikian dapat diartikan bahwa orang
yang sehat mentalnya adalah orang yang terhindar dari segala gangguan dan
penyakit jiwa".
Pola agama, yaitu pola
yang berkaitan dengan ajaran agama. "Kesehatan mental adalah kemampuan
individu untuk melaksanakan ajaran agama secara benar dan baik dengan landasan
keimanan dan ketakwaan".
Dalam pengertian yang luas
kesehatan mental dapat diartikan sebagai terwujudnya keserasian yang
sungguh-sungguh antara fungsi ¬fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian diri
antara manusia dengan dirinya sendiri dan lingkungannya, berlandaskan keimanan
serta bertujuan untuk mencapai hidup yang bermakna dan bahagia di dunia dan di
akhirat.
HUBUNGAN AGAMA DAN KESEHATAN MENTAL
Hubungan antara kejiwaan dan agama dalam kaitanya dengan hubungan antara agama sebagai keyakinan dan kesucian jiwa terletak pada sikap penyerahan diri seseorang kepada sesuatu kekuasaan Yang Maha Tinggi. Sikap pasrah serupa itu akan memberikan sikap optimis pada seseorang sehingga akan muncul perasaan positip seperti bahagia, rasa senang, puas, merasa sukses, merasa dicintai atau rasa aman. Sikap emosi yang demikian merupakan kebutuhan manusia sebagai makluk yang bertuhan. Setiap ajaran agama mewajibkan penganutnya untuk melaksanakan ajaran agamanya secara rutin, karena bentuk dan cara pelaksanaan ibadah akan berpengaruh dalam menanamkan keluhuran budi yang pada puncaknya akan memberi rasa bahwa hidup menjadi lebih bermakna.
Pandangan Islam Terhadap Kesehatan Mental
a). Agama Islam memberikan tugas dan tujuan bagi hidup dan kehidupaa
manusia di dunia dan akhirat dalam Al Qur'an disebutkan untuk beribadah kepada
Allah, sebagaimana firmannya dalam al-Qur'an ditegaskan sebagai berikut: 'Dan
tidak Aku jadikan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku" (QS.
Adz Dzariyat (51) : 56).
b). Ajaran Islam memberikan bantuan kejiwaan kepada manusia dalam
menghadapi cobaan dan mengatasi kesulitan hidupnya, seperti dengan cara sabar
dan shalat, dalam firman Allah S WT dalam al-Qur`an yang menegaskan sebagai
berikut: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat
sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar ".
(QS Al Baqarah (2): 153).
c). Ajaran Islam membantu orang dalam menumbuhkan dan membina pribadinya, yakni melaiui pengnayatan nilai-nilai ketakwaan dan keteladanan yang diberikan Nabi Muhammad saw.
c). Ajaran Islam membantu orang dalam menumbuhkan dan membina pribadinya, yakni melaiui pengnayatan nilai-nilai ketakwaan dan keteladanan yang diberikan Nabi Muhammad saw.
d). Ajaran Islam memberikan tuntunan kepada akal agar benar dalam berpikir
melalui bimbingan wahyu (kitab suci Al- Qur'an al Karim).
KESEHATAN MENTAL DALAM AL QUR'AN
Sebagai kitab suci yang
berisi petunjuk dan penjelas, di dalamnya banyak terdapat ayat-ayat yang
berkaitan dengan kesehatan mental dengan berbagai istilah yang digunakan
sebagai sesuatu yang hendak dicapai oleh setiap manusia.
Berikut adalah contoh ayat-ayat yang bekaitan dengan potensi - manusia yang
harus dikembangkan dan dimanfaatkan:
1.Yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan dirinya sendiri (hablun min
al-nafs). Dalam hubungan ini manusia mengembangkan dan memanfaatkan potensinya
dalam bentuk amr ma'ruf wa nahi munkar atau sebaliknya mengumbar hawa nafsu
yang ada pada dirinya. Firman Allah SWT dalam al-¬Qur'an sebagai berikut :
"Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar serta beriman kepada Allah”. (QS. Ali Imron (3) :110).
"Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar serta beriman kepada Allah”. (QS. Ali Imron (3) :110).
“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. (QS. Al¬Fath (48) :29).
3. Ayat-ayat yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan alam jagat raya (habl min al-alam), dimana manusia mernpunyai kecenderungan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensinya dalam bentuk kelestarian dan memanfaatkan alam serta isinya atau sebaliknya, merusak. Firman Allah SWT dalam al-Qur'an al-Kariem sebagai berikut :
"Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung". (Qs. Al Jumu'ah: (62) :10)
4. Sedangkan yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Allah SWT (habl min Allah), manusia mempunyai kecenderungan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensinya dalarn bentuk beribadah kepada Allah atau sebaliknya mengingkari-Nya. Firman Allah SWT dalam al-Qur'an menyatakan sebagai berikut : "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku" (QS. Adz-Dzariyat : 56).
0 komentar:
Posting Komentar