Rabu, 02 Mei 2012

BERAWAL DARI SEBUAH MUSIBAH, MENJADI SEORANG PENGEMIS DEMI MENGHIDUPI KELUARGA


BERAWAL DARI SEBUAH MUSIBAH, MENJADI SEORANG PENGEMIS DEMI MENGHIDUPI KELUARGA

            Dulu nasib seorang bapak paruh baya kelahiran Sukabumi 57 tahun lalu yang sudah memiliki 6 orang anak ini tidak separah sekarang ini. Bapak dengan nama Hendrik Andrean yang biasa dipanggil Pak Hendrik sudah menjalani aktivitas sebagai seorang pengemis sejak tahun 2000 silam. Karena sang istri tercinta merantau ke negri orang, terpaksa beban keluarga beliau tanggung sendiri. Dari mulai memasak, mencuci, mengurus rumah, bahkan mempersiapkan semua peralatan sekolah.
            Memang kasih sayang orang itu sangat tulus tanpa mengharapkan timbal balik. Kasih sayang tak akan pernah tergantikan oleh apapun, dimanapun, bahkan sampai akhir hayatpun yang namanya kasih sayang orang tua tak akan pernah putus. Apapun akan mereka lakukan untuk kebahagiaan dan kesuksesan anak-anaknya. Begitu pula yang dialami pak Hendrik, demi biaya hidup anak-anaknya beliau rela mengemis di perempatan Kiara Condong dari pukul 06.00 pagi hingga petang. Dengan penghasilan Rp. 25.000 – Rp. 30.000/ harinya. Dulunya beliau seorang supir yang berpenghasilan lumayan, tetapi semenjak kecelakaan yang melibatkan mobil yang dikendarainya masuk jurang. Sejak itu beliau mempunyai kekurangan pada kakinya, yang sampai sekarang aktivitasnya ditemani sebuah tongkat yang bisa memapahnya.
            Keterbatasan ternyata tak membuat semangat hidup beliau berkurang, karena beliau sadar ada anak-anaknya membutuhkan biaya, kasih sayang, dan perhatian darinya. Apalagi ketiga anak bapak yang masih duduk di bangku sekolah masih membutuhkan lebih perhatian dan tanggungjawab dari sosok seorang ayah. Keingina beliau tidaklah muluk-muluk. “bapak mah teu hoyong nanaon eneng, aa. Bapak mah ngan hoyong ningali anak-anak bapak bisa terus sakola nu luhur, beh jadi jelema teu jiga bapak” jawab beliau sambil tersenyum simpuh, ketika kami tanya.
            Motivasi beliau menjadi seorang pengemis sangatlah mulia, disamping karena keterbatasan fisik beliau mempunyai cita-cita lain yakni, ingin melihat anak-anak nya sukses dan bisa menitipkan masa tua beliau pada mereka. Selagi beliau mampu beliau tidak mau menjadi beban anak-anaknya.
            Sungguh hebat beliau ini, tetap optimis ditengah keadaan yang serba kekurangan. “oh, teu saeutik ge neng, puguh ku kaayaan kieu bapak tiasa sukuran kanu kawasa. Ieu cocobi kanggo bapak panginten neng”. Jawaban beliau dengan tegasnya, ketika kami bertanya “ bapak pernah merasa Tuhan tidak adil dengan keadaan bapak seperti ini ?”. Sikap optimis dan kesabaran beliau perlu kita renungi dan jadikan sebuah motivasi bagi kita sebagai insan akademi.











Bandung, 5 Desember 2011
1.      Pewawancara         :  a. Ipan Gunawan
                                                                                                   b. Kurnia Erliani
2.      Nara Sumber          : Hendrik Andrea (Pengemis)

0 komentar:

Posting Komentar